Saturday, January 1, 2011

Tips


Diacuhkan Adik  saat kita memberikan pendapat atau teman-teman kita??
Manaaa
Wibawanya??
Dari dulu, kita pasti sudah tahu kalau tugas kakak menyanyangi adik dan sebaliknya, adik menghormati kakak. Tapi, apa jadinya kalau adik yang kita sayang, justru enggak sopan sama kita? Eits, jangan keburu emosi dan menyalahkan dia. Jangan – jangan, justru kita yang enngak punya wibawa di mata adik?
Kenapa bisa hilang ?
        Coba ingat-ingat lagi deh, bebrapa sikap dan tindakan kita di depan adik selama ini. Ada nggak yang terasa berlebihan, saat bercanda atau marah, misalnya? Disadari atau nggak, sikap lebay di depan adik itulah yang bikin posisi kita sebagai kakak sedikit melemah.
        Karena terlalu banyak bercanda, misalnya, adik bisa menganggap kita orang yang susah serius. Atau, karena kita terlalu sering marah, adik jadi “kebal” dan akhirnya nggak menggapi omelan kita. Nah sekarang, coba yuk, lebih hati-hati sama perilakusendiri. Apalagi ketika didepan adik.
Kembalikan wibawa kita.
        Mengembalikan wibawa nggak harus ditunjukkan dengan tampang sangar dan imej galak, lho ..hehehe ada nih beberapa cara yang bisa kita lakukan supaya akrab sama adik tapi dia tetep respek sama kita. Misalnya, dengan
·        Jangan jadi Badut
Jokes atau bercanda sama adik memang seru. Tapi, enggak perlu sampai kelewatan dan akhirnya bikin kita kelihatan konyol dan nggak dewasa, kan? Coba deh, belajar bedain, kapan harus serius kapan waktunya santai.
·        Pintar mengatur Emosi
Bersikap tenang saat menghadapi apapun, bisa jadi senjata buat mengembalikan wibawa kita. Soalnya nih, kalau kita tenang dan nggak panik, kita pasti bisa menguasai situasi apapun. Bonusnya, adik juga bakal kagum sama sikap cool kita.
·        Bersikap tegas
Pegang satu prinsip yang baik dan kuat dalam diri sendiri supaya kita nggak terlihat plin-plan. Misalnya, selama ini kita punya aturan harus langsung mengembalikan setelah meminjam barang adik. Jadi, ya jangan sampai kita sendiri yang melanggar aturan itu.
·        Jadi Contoh yang baik
Sebelum  kasih nasehat atau saran buat adik, sebaiknya praktekan dulu sama diri kita sendiri. Jadi, kita nggak Cuma asal bunyi saja!
·        Being Smart
Ini di kunci penting untuk membangun wibawa kita. Bukan secara akademis, ya? Tapi, pintar dalam menyikapi segala hal. Keppintaran ini, bisa bikin kita lebih jago membawa diri termasuk bagaimana harus bersikap di depan adik. Secara nggak langsung, adik pasti bakal segan sama kita.

Sumber : Gadis Magazine edisi, 15 – 25 januari 2010

No comments:

Post a Comment