Sunday, January 2, 2011

Komentar Editorial


Memaknai Bhineka Tunggal Ika untuk Kesejahteraan Indonesia ( Judul Sumber dari koran)

Bhineka Tunggal Ika yang artinya adalah “berbeda-beda tetapi satu jua” yang berasal dari buku atau kitab sutasoma karangan Mpu Tantular / Empu Tantular. Secara mendalam Bhineka Tunggal Ika memiliki makna walaupun di Indonesia terdapat banyak suku, agama, ras, kesenian, adat, bahasa, dan lain sebagainya namun tetap satu kesatuan yang sebangsa dan setanah air. Dipersatukan dengan bendera, lagu kebangsaan, mata uang, bahasa dan lain-lain yang sama.
Kata-kata Bhinneka Tunggal Ika juga terdapat pada lambang negara Republik Indonesia yaitu Burung Garuda Pancasila. Di kaki Burung Garuda Pancasila mencengkram sebuah pita yang bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika. Kata-kata tersebut dapat pula diartikan : Berbeda-beda tetapi tetap satu jua.
Lalu seperti apa makna dari Bhineka Tunggal Ika untuk Kesejahteraan Indonesia? Makna dari ini adalah bagaimana kita bisa memaknai arti bhineka tunggal Ika tidak hanya dalam lingkungan yang sempit saja tapi dalam lingkungan yang luas. Misalnya saja dalam memberantas keterbelakangan suatu daerah jangan sampai makna bhineka tunggal ika tidak berjalan di sini. Karena bagaimanapun juga untuk memajukan bangsa Indonesia apa bila makna Bhineka Tunggal Ika ini tidak mendarah daging dalam masyarakat maka akan semakin banyak daerah yang terbelakang baik itu dalam teknologi, pendidikan dan lain sebagainya. Apa bila makna bhineka dapat berjalan dengan lancar maka seluruh rakyat indonesia akan saling bergotong royong tanpa memandang status,ras, suku, agama semuanya akan bersatu untuk memejukan negara tercinta Indonesia.
Kesejahteraan Indonesia melalui Bhineka Tunggal Ika selain kita harus bersatu dalam bidang sosial kita pun harus bersatu bergotong royong saling bahu membahu untuk memajukan kesejahteraan Indonesia. Jangan membedakan, dalam hal apapun misalnya karena ini adalah daerah yang terpencil sehingga menjadi daerah yang terbelakang. Sumber daya alamnya yang habis karena terkuras habis oleh pemerintah pusat sedangkan hasilnya tidak sampai kepada masyarakat didaerah terpencil itu, dan nasib masyarakat yang menempati daerah tersebut harus rela menerima keyataan pahit terbelakang, baik dari sumber daya alam, sumber daya manusia, pendidikan dan pelayanan kesehatan. Membuat semakin tercap sebagai daerah miskin yang terpencil, terbelakang dan ketinggalan jaman.
Oleh sebab itu, jadikanlah makna Bhineka Tunggal Indonesia ini jangan hanya sebagai simbol atau semboyan saja namun kita harus bisa memaknainya dan menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari dalam berbagai bidang baik itu bidang ekonomi, pendidikan yang semuanya bertujuan untuk memajukkan Kesejahteraan negara Indonesia. Dalam bidang sosial kita harus bisa saling menghormati, gotong royong, tolong menolong dan hidup yang rukun anatara sesama. Sedangkan dalam bidang ekonomi kita harus saling telong menolong lagi jangan sampai ada daerah yang terbelakang hingga menambah populasi jumlah kemiskinan. Semua pihak harus saling dapat membantu agar tidak ada lagi daerah yang terbelakang dan ketinggalan jaman. Teknologi pendidikan kualitas sumber daya manusia harus merata jangan hanya terfokus didaerah pusat saja. Bhineka Tunggal Ika berebeda-beda tapi satu jua, berbeda-beda namun punya satu tujuan yang sama yakni kesejahteraan untuk seluruh rakyat Indonesia diseluruh pelosok Indonesia. Merdeka!! ^^

No comments:

Post a Comment