Sunday, January 2, 2011

Komentar Editorial (6)


Pemerintah Abaikan Persoalan HAM (judul dari koran)
HAM / Hak Asasi Manusia adalah hak yang melekat pada diri setiap manusia sejak awal dilahirkan yang berlaku seumur hidup dan tidak dapat diganggu gugat siapa pun. Sebagai warga negara yang baik kita mesti menjunjung tinggi nilai hak azasi manusia tanpa membeda-bedakan status, golongan, keturunan, jabatan, dan lain sebagainya.
Melanggar HAM seseorang bertentangan dengan hukum yang berlaku di Indonesia. Hak asasi manusia memiliki wadah organisasi yang mengurus permasalahan seputar hak asasi manusia yaitu Komnas HAM. Kasus pelanggaran ham di Indonesia memang masih banyak yang belum terselesaikan / tuntas sehingga diharapkan perkembangan dunia ham di Indonesia dapat terwujud ke arah yang lebih baik. Salah satu tokoh ham di Indonesia adalah Munir yang tewas dibunuh di atas pesawat udara saat menuju Belanda dari Indonesia. Selain itu kasus yang banyak terjadi adalah kasus semakin maraknya orang yang hilang dan kasus penganiayaan baik itu menimpa anak yang masih dibawah umur hingga menimpa orang dewasa. Nampaknya persoalan HAM diIndonesia harus lebih ditingkatkan lagi ini semua dilakukan agar kasus yang berkaitan dengan pelanggaran dapat teratasi.
Pengadilan HAM Dindonesia sudah seharusnya dibentuk selain mengingat kasus-kasusnya yang marak kitapun harus mengingat akan dasar Indonesia yakni PANCASILA yang termuat dalam Sila-sila pancasila baik itu sila pertama dan seterusnya. Yang kesemuanya mencermikan bahwa rakyat indonesia mempunyai Hak dan kewajiban yang sama. Jadi pemerintah jangan ragu untuk memajukan dalam pengadilan HAM, ini semua demi kesejahteraan masyarakat Indonesia.

No comments:

Post a Comment