Tuesday, December 28, 2010

tips-tips^^


Tips
Bila Dicemooh Orang Lain ............

Siapa pun tentu akan kesal, sebal, dan sedih bila dicemooh atau dicela, diejek, dihina, dan direndahkan. Terus, apa yang mesti kita lakukan kalau dicemooh orang lain seperti itu?
Buktikan tanpa bersikap sombong
                Sadarlah, tak semua orang tahu akan kemampuan diri kita. Oleh karena itu, kalau ada yang mencemooh dan menganggap remeh kita, tak perlu risau, sedih, apalagi sampai rendah diri atau minder. Kita buktikan saja kepada orang yang mencemooh itu bahwa kita tidak seprti yang dia kira. Namun, jangan sampai kita bersikap sombong . Sebab, sombong hanya akan membuat banyak orang lain jadi sebal, menjauhi, dan memusuhi kita.

Anggap sebagai candaan
                Tak usah terlalu serius memikirkan cemoohan orang lain. Anggap saja hal itu sebagai candaan. Jika kita dicemooh hanya karena ponsel kita sudah jadul, misalnya, tanggapi saja dengan ringan sambil bercanda, “baru tahu, yah? Aku kan penyuka barang-barang antik.”
Begitu mendengar reaksi kita sperti itu, orang yang mencemooh kita pasti akan diam, hihihi

Jadikan sebagai pemacu diri
                Kita jadikan cemoohan orang lain sebagai pemacu diri, dan bukan penghambat kemajuan. Kalau kita dicemooh karena nilai ulangan kita jelek, misalnya, tak perlu berkecil hati dan patah semangat. Sebaliknya, jadikan hal itu sebagai pemacu untuk belajar lebih tekun dan konsentrasi guna memperbaiki nilai kita. Dengan demikian, kelak kita tidak akan lagi mendapat cemoohan, melainkan pujian.

Hindari mencemooh balik
                Dicemooh orang lain memang mengesalkan dan menyebalkan. Namun, jauhkan perasaan kita dari keinginan balas dendam atau balas mencemooh. Sebab, hal itu hanya akan menimbulkan pertengngkaran dan permusuhan. Lebih baik, kita sadarkan dan kita ubah sikap orang yang mencemooh. Caranya, kita dekati den kita ajak bicara baik-baik kenapa suka mencemooh kita. Kita beritahu dia bahwa tindakannya itu merugikan orang lain, juga merugikan dirinya sendiri karena tak ada orang yang suka dan bersimpati kepada tukang cemooh.

Sumber majalah girls edisi no. 8 tahun ke-5 hal 30
Cantik dan Cerdas

No comments:

Post a Comment