Tuesday, December 28, 2010

Did You Knoww


DID YOU KNOW

W
 aktu kecil, kita pasti menggambar bintang dengan ukuran yang kecil, dan matahari dengan ukuran yang besar. Tapi, kenyataannya, enggak semua bintang berukuran lebih kecil dari matahari.
Seorang Peneliti NASA baru saja menemukan sebuah bintang berukuran 20 kali lebih besar dari matahari. Bintang yang terletak di konstelasi centaurus masih tergolong “Muda”. Muda aja udah segede itu, gimana kalau nanti dia udah “Tua”??? 


S
ebelum kedatangan spanyol ke amerika selatan, orang Indian Inca sama sekali enggak mengenal besi, perunggu dan logam lainnya, itu sebabnya mereka memiliki emas dalam jumlah yang sangat banyak. Mereka menggunakan emas untuk membuat peralatan sehari-hari seperti peralatan masak, peralatan makan, sisir, bahkan pencabut alis. Ckck... kebayang enggak, sih, betapa kayanya meraka kalau hidup di masa sekarang???

T
anpa kita sadari, mata kita punya kebiasaan untuk berkedip sebanyak 15.000 kali setiap harinya. Kedipan itu berguna supaya air mata kita membasahi permukaan mata dan bisa melindungi bola mata. Dengan satu atau dua kali berkedip per menit seharusnya sudah cukup untuk mencuci dan memoles mata. Jadi jangan pelit untuk mengedipkan mata ya...
D
ari seluruh penduduk Indonesia, sekitar 72,1% menderita karies gigi (infeksi pada gigi). Banyak banget, ya. Padahal penyakit ini punya akibat fatal, lho. Bukan Cuma bikin sakit gigi berlubang, dan ompong, karies juga bisa menjadi salah satu penyebab kematian. Penyakit ini awalnya membuat gigi kita terlihat seperti berkapur. Lama kelamaan, daerah ini akan berkembang menjadi lubang berwarna cokelat.
Hampir semua penyakit gigi bisa disembuhkan asal segera ditangani. Parahnya, hanya sekitar 5,5% orang di Indonesia yang rutin memeriksakan kesehatan giginya ke dokter gigi. Waahhh, kalau giginya bolong semua, senyum jadi enggak oke lagi, dong. Ke dokter gigi tiap enam bulan sekali, yuk...
(informasi ini didapat dari hasil riset yang dilakukan oleh unilever dalam rangka bulan kesehatan gigi nasional 2010).
Sumber      :  Majalah Kawanku edisi 25 Agustus 2010   








No comments:

Post a Comment