Tuesday, December 28, 2010

Air Travel Tips For Mudik


Air Travel Tips For Mudik

Lets star our fun vacation! Tapi kenali dulu yuk rules penerbangan dan rules di airport, biar perjalanan kita enggak kacau karena masalah kecil yang kita belum paham.
Bisa mudik dengan naik pesawat memang lebih nyaman karena kita enggak harus melewati kemacetan seperti naik mobil pribadi. Tapi bukan berarti kita nggak mempersiapkan keperluan kita dengan matang, ya pihak air port justru banyak ngeluarin peraturan khusus dan punya sistem keamanan yang lebih ketat dari alat transportasi lainnya.
PACK UP YOUR BAG
LOAD IN LUGGAGE
ü Pastikan semua barang berharga kita seperti dompet, hape, kamera atau handycam, laptop masuk ke tas yang akan kita bawa ke kabin bukan di dalam koper. Begitu juga barang – barang yang seharusnya bisa masuk bagasi, jangan kita taruh ke tas bawaan di kabin, karena kalau kebesaran di kabin bisa repot sendiri, kan.
ü Kasih label tanda di suitcase kita untuk menghindari tertukar sama tas lain yang mirip pas kita mengambil bagasi setelah landing.

LUGGAGE RULES
ü Untuk penerbangan dalam negeri biasanya dapet maksimal Luggage 20-25 kg. Lebih dari itu, tiap maskapai menetapkan tarif berbeda per kg. Jadi timbang dulu koper kita. Jangan sampai kita harus membayar charge yang over budget kita, untuk bawaan yang sebetulnya nggak terlalu dibutuhkan di lokasi mudik.
ü Pastikan tas yang masuk bagasi sudah terkunci. Lebih aman kalau kita pasang gembok kecil, karena tingkat keamanan tiap maskapai berbeda-beda.
ü Yang enggak boleh dibawa adalah hewan peliharaan, korek gas ataupun reffilnya, serta cairan lebih dari 100 ml. Jadi bawa bath or make up harus kemasan yang kecil-kecil aja yah.
ü Gunting dan pisau hanya boleh yang sangat kecil, ya. Dan pisau hanya yang pelastik.

Cabin rules
Satu hal paling umum yang diterapkan pihak bandara adalah kita nggak boleh membawa barang yang berbentuk cairan ke dalam kabin pesawat, seperti botol air minum, alat kosmetik atau parfum. Jadi enggak usah nekad bawa tempat minum atau susu ke tas bawaan, karena semahal apa pun harga minuman itu, tetap harus ditinggal disana. Sayang banget kan,,,

ARRIVE AT AIRPORT
Minimal satu atau dua jam sebelum jadwal boarding kita sudah harus sampai di airport, ya proses chek in dan pemeriksaan barang butuh waktu, dan antri panjang saat momen mudik begini. It’s so crowded, deh! Apa lagi kalau area airport di kota kita luas, butuh waktu untuk jalan dari ruang satu ke ruang lain, kan. Pastikan kita juga tiba di terminal yang benar, ya. Salah terminal ataupun gate keberangkatan bisa bikin panik.
SECURITY CHECK
Sebelum masuk ruang chek in, segala yang kita bawa akan melewati batas security. Nah, kita harus melewati pintu sensor juga. Sebaiknya ponsel, dompet, kunci, dan koin – koin jangan kita kantongi, kita masukkan dalam tas kecil aja, supaya nggak mengantongi apa pun yang menyebabkan alarm pintu sensor berbunyi. Ini mencegah kita diperiksa manual oleh petugas yang kadang bikin risih.

ON THE WAY
Kalau kita memesan penerbangan yang ada audio and video music player, simpan music player, games atau segala alat hiburan kita di kabin. Bawa ke tempat duduk alat yang memang mau kita pakai saja. Hindari pegang tas terlalu besar di tempat duduk karena akan bikin kita nggak nyaman sendiri. Cukup pegang bacaan dan satu alat hiburan yang mau kita pakai saja.

DELAY?? JUST ENJOY!
Satu hal yang bikin penumpang pesawat bete saat bepergian naik pesawat bete saat bepergian naik pesawat adalah waktu keberangkatan pesawat yang di-delay. Nah, kita juga harus sia-siap sama kemungkinan ini. Ajak aja kakak atau adik main games kayak tebak-tebakkan. ABC lima dasar, dan lain-lain. Momen ini juga bisa dimanfaatkan buat saling curhat bareng sama ortu juga. Yang pasti, jangan kebanyakan ngeluh atau bete. Di bawa enjoy aja, karena kalau mood kita sudah jelek, yang rugi kan diri kita sendiri. Have a fun vacation, yaa!!!
Sumber       : Majalah Aneka Yess Edisi 30 Agustus – 12 September 2010
Komentar
Waah tips yang sangat berguna buat saya, mudah-mudahan buat para pembaca yang lagi juga yah.^^

 

No comments:

Post a Comment