Saturday, November 13, 2010

Tips - tips Kesehatan


TIPS

Terus Dukung Antirokok

Selain motivasi, dukungan dari kerabat, keluarga, dan terapis sangat berpengaruh terhadap keberhasilan seseorang keluar dari kebiasaan tersebut. Bagaimana memberikan motifasi untuk mendukung merkeka berhenti merokok? Berikut tips dari Dr. Tribowo T ginting SpKJ:
1.       express empathy
Menghargai putusan berhenti merekok tersebut. Nah, dengan penghargaan tersebut, mereka akan lebih bersemangat lagi.
2.     Develop Discrepancy
Membangkitkan kewaspadaan pasien terhadap adanya konsekuensi – konsekuensi dan dampak negatif personal karena menggunakan napza.informasi perbedaan tersebut dapat mendatangkan terjadinya suatu kemelut dan konflik dalam diri pasien sehingga mendesak dirinya untuk mencari jalan keluar sehingga timbul suatu motivasi untuk mengubah diri.
3.     Avoid Argumentation
Tidak memaksakan argumentasi yang ditawarkan terapis. Sebaiknya terapis mencari suatu strategi lain untuk membantu pasien melihat secara akurat konsekuensi – konsekuensi dan dampak negatif yang terjadi akibat penggunaan napza.


4.    Roll with Resistance
Menggeser persepsi pasien dalam proses terapi. Paien ditawarkan cara berpikir dan cara pandang tentang suatu problem tanpa memaksanya.
5.     Support Self-efficacy
Dukung keyakinan seseorang bahwa ia sanggup untuk mengubah kebiasaan menggunakan napza sehingga mengurangi problem yang diakibatkannya. Dalam bahasa sehari – hari, kemungkinan tersebut dinamakan harapan optimasis akan berhasil.    
Sumber koran: Seputar Indonesia (Rabu, 16 Desember 2009)

KOMENTAR :
“GAYA HIDUP SEHAT DARI SEKARANG MENGAPA TIDAK KARENA MENCEGAH LEBIH BAIK DARI PADA MENGOBATI LEBIH BAIK BUKAN ? KESEHATAN YANG BAIKLAH YANG HARUS ADA DALAM DIRII ANDA JANGAN KESEHATAN YANG BURUK YANG MENEMANI AKTIVITAS ANDA ??”

No comments:

Post a Comment