Sunday, November 7, 2010

EKONOMI (artikel)


Liburan pakai kartu kredit ? siapa takut ....

                Apa bila masa liburan baik sekolah, kuliah atau kerja sudah tiba hal yang ada di benak kita adalah pergi liburan untuk melepaskan rasa lelah karena aktifitas – aktifitas yang membuat tenaga banyak yang terkuras. Jadi liburan di butuhkan juga bukan ?
            Bila mendengar kata kartu kredit, sebagian orang malah mengalami  fobia karena yang ada dalam pikiran mereka hutang bakal menumpuk. Namun apa bila seperti yang saya kemukan tadi di awal fungsi liburan adalah untuk melepaskan rasa lelah serta membahagiakan keluarga, jadi apa salahnya kita pergi untuk berlibur serta memanfattkan fasilitas kartu kredit.  Namun harus memperhatikan tips – tips dibawah ini :
Tips – tips yanga harus di perhatiakan agar tagihan kartu kredit tidak membengkak adalah :
1                      Harus merencanakan secara matang  pos – pos  anggaran untuk berbelanja, sesuai kebutuhan selama liburan.
2                     Kita harus merencanakan ke mana akan pergi liburan,wisatawan di Asia pasifik biasanya memerlukan waktu rata –rata   memerlukan waktu 14 minguan untuk  merencanakan liburan mereka. Tiga perempat dari respponden mengaku lebih memilih merencanakan dan memesan liburan secara Daring. Fasilitas internet kita manfaatkan di sini.
3                    Setelah mengetahui tempat mana yang akan kita tuju tugas kita adalah melihat daftar harga – harga perjalanan kita misalnya berapa tiket pesawat atau apa pun yang memang kita perlukan. Fasilitas internet bisa kita manfaatkan di sini.
4                     Kartu kredi itu memang sangat praktis. Namun bagi pecinta diskon jangan sampai tergoda dalam perjalanan ini agar biaya dapat bisa seefisien mungkin, jadi berusaha puasa untuk barang – barang diskon terlebih dahulu meskipun kartu kredit sedang mengadakan vasilitas untuk beberapa produk barang apa bila kita membayarnya pakai kartu kredit.
5                    Setelah tagihan kartu kredit di layangkan biasanya setelah 1 bulan,dalam membayar  jangan melakukan tagihan minimal menurut Susan McCarthy, penasihat finansial yang juga penulis buku The Value of Money. Karena ini akan memperpanajang masa pembayaran dan bunga kartu kredit dan memperbesar utang secara keseluruhan.
6                    Jangan pernah kita melewatkan tanggal jatuh tempo pembayaran kartu kredit, karena ini akan menyebabkan membengkaknya denda dan tingkat suku bunga.
7                     Memanfaatkan fasilitas perbankan daring guna memepermudah pembayaran tagihan kartu kredit

No comments:

Post a Comment