Sunday, November 14, 2010

PERKEMBANGAN KOPERASI


Perkembangan koperasi di I ndonesia

          Menurut saya perkembangan koperasi di Indonesia cukup baik namun sosialisasi terhadap masyarakat sangat kurang karena seperti kita ketahui sebenarnya pemerintah membentuk koperasi untuk memajukan usaha mikro, kecil dan menengah ( UMKM ) tetapi masyarakat lebih sering meminjam uang untuk tambahan modalnya ke BANK yang bunganya relatif tinggi. Oleh sebab itu perkembangan koperasi di Indonesia harus lebih di tingkatkan lagi jangan hanya pada level cukup mengingat dengan banyaknya tingkat penggangguran di Indonesia yang tinggi. Dengan perkembangan koperasi yang baik maka para produsen UMKM tidak perlu lagi bingung memikirkan bagaimana dengan biaya modal karena ada program pemerintah koperasi dengan sosialisasi koperasi yang baik akan menekan berkurangnya angka pengganguran serta agar terjadi peningkatan produktivitas, daya saing, dan kemandirian. Seperti kita ketahui di lingkungan luar sana banyak angka pengangguran bila koperasi terus di tingkatkan maka pengguran ini akan lebih mandiri dengan mengahasilkan produk sendiri dan belajar untuk bisa lebih bersaing. Anadai saja konsep Bapak Koperasi Indonesia Dr. Muhammad Hatta di berlakukan yakni sekolah menengah koperasi dan sekolah tinggi koperasi maka akan membantu masalah tingkat pengguran yang cukup tinggi yang sedang melanda baik itu dilingkungan perkotaan ataupun di pedesaan koperasi sangat di butuhkan oleh indonesia.
          Sosialisasi koperasi sangat – sangat di butuhkan dan cabang – cabang koperasi harus lebih di tingkatkan agar kemajuan sektor ekonomi UMKM lebih maju. Di perkotaan sudah cukup banyak UMKM yang memanfaatkan koperasi begitu pula di pedesaan cukup banyak perkembangan UMKM yang berlandaskan koperasi jadi begitu banyaknya manfaat koperasi untuk Indonesia membuat koperasi harus lebih di tingkatkan lagi jangan hanya pada level cukup saja.
          Namun sayang pendidikan mengenai koperasi sangat minim banyak para siswa yang hanya mengetahui manfaat koperasi hanya untuk itu – itu saja misalnya di lingkungan sekolah koperasi hanya untuk tempat membeli peralatan sehari – hari sekolah. Oleh sebab itu pendidikan koperasi harus lebih ditingkatkan lagi agar para siswa menjadi penerus – penerus koperasi yang demokrasi untuk memajukan sektor industri indonesia yang berlandaskan koperasi. Memajukan koeparasi lebih baik dari pada harus terus – menerus membangun industri dengan bunga yang relatif tinggi yang dapat mencekik para produsen sendiri.
          Perkemabngan koperasi harus lebih di tingkatkan lagi agar tercapai fungsi koperasi seperti dalam undang – undang dasar no. 25 tahun 1992 pasal 4 yakni membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyrakat pada umumnya utnuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya. Berperan serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat. Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai soko-gurunya. Berusaha untuk mewujdkan dan mengembangkan perekonomian nasional, yang merupakan usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi. Mengembangkan kreativitas dan membangun jiwa berorganisasi bagi para pelajar bangsa.

No comments:

Post a Comment