Monday, October 25, 2010

Penghuni Laut


Laut yang terbentang luas mengitari dataran bumi indonesia. Airnya yang biru tampak tenang terkena sinar matahari dan bulan purnama. Diatas air laut yang tenang para nelayan menggantungkan nasibnya dan nasib keluarganya.  Dibawah air laut yang biru terdapat jutaan penghuni  - penghuni laut dalam jumlah yang besar. Mereka semua bertempat tinggal sesuai dengan tempat mereka masing – masing. Mulai dari penghuni laut yang berukuran yang kecil hingga penghuni laut yang berarukuran besar dan buas. Mereka semua hidup saling melengkapi satu dengan yang lain.
Tahukah bagaimana nasib mereka penghuni – penghuni laut sekarang ? para penghuni laut yaitu ikan – ikan mulai punah dari hari ke hari. Semakin banyak nama – nama daftar ikan yang mulai punah setiap harinya. Faktor – faktor yang menyebabkannya salah satunya adalah ulah tangan – tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Limbah pabrik yang dengan sengaja membuangnya ke laut biru, bom yang sengaja di ledakan di tempat yang sangat indah tersebut dan sampah – sampah yang banyak terapung di laut biru.
Akibat perbuatan – perbuatan yang tidak bertanggung jawab tersebut penghuni – penghuni laut terancam. Semua fasilitasnya terganggu, ekosistem laut  pun bernasib sama. Limbah yang di buang ke laut menyebabkan penghuni laut keracunan, bom – bom yang dengan sengaja di nyalakan itu membuat penghuni laut mati dalam sekejap, sampah – sampah yang terapung itu membuat penghuni laut merasa tidak nyaman karena air laut yang asin sudah tercampur dengan limbah, di tambah lagi dengan sampah. Laut bukan tempat pembuangan segala benda tapi, laut merupakan tempat tinggal para penghuni laut yaitu ikan – ikan yang begitu banyak jenis dan jumlahnya. Bagaimana bila hal ini terus menerus terjadi? Di laut tidak ada penghuni laut yang berprofesi sebagai Dokter, yang apa bila ikan terkena racun ikan satunya turut mengobatinya. Di laut tidak ada penghuni laut yang berprofesi sebagai tim gegana yang siap menedekteksi apa bila terdeteksi adanya ancaman bom. Di laut pula tidak ada penghuni laut yang berprofesi sebagai  Tim P3K tim kesehatan yang siap siaga apa bila ada korban yang berjatuhan dan butuh pertolongan. Di laut tidak ada penghuni laut yang berprofesi sebagai petugas kebersihan yang siap siaga menyapu sampah – sampah yang terapung di laut biru.
Oleh sebab itu kita merupakan salah satu yang di harapkan  penghuni – penghuni laut. Baik profesi sebagai Dokter,tim gegana,tim P3k, ataupun tim kebersihan mereka semua. Kita laksanakan profesi ini dengan turut serta menjaga kelestarian laut. Karena memang kita semua yang harus menjaga dan melestarikannya. Kita lah yang harus menjaganya agar tidak terancam punah karena keserakahan dan kesalahan kita yang enggan lebih dekat dengan alam. Menjaga lingkungan merupakan hal yang sangat bermanfaat. Seperti pepatah “kita yang menanam kita pula yang akan menuai”. Kita bisa tanam dengan menjaga penghuni  –  penghuni laut, yakni ikan –ikan di laut dan ekosistemnya maka kitapun akan menuainya yakni mendapatkan manfaatnya ikan – ikan yang segar yang tidak beracun untuk kita konsumsi dan tidak perlu takut untuk kelangkaan ikan selama kita bisa menjaga dan melestarikannya dengan bijaksana.

No comments:

Post a Comment