Wednesday, October 27, 2010

Pendidikan 9 thn mahal ?


Pendidkan semibilan tahun, merupakan pendidikan wajib yang harus diikuti anak - anak Indonesia. Mengapa tidak karena pemerintah sudah membantu dengan adanya program BOS ( Biaya Operasional Sekolah ). Di sini setiap anak Indonesia diberiakan pendidikan gratis hingga kelas sembilan atau kelas 3 SMP. Para pelajar tidak perlu membayar uang untuk biaya sekolah untuk  bangunan sekolah dan lain – lain.
          Namun mari kita lihat, tidak semua anak Indonesia mendapatkan BOS ini banyak yang dari mereka semua tidak melanjutkan sekolah dan dengan alasan lama  “Biaya sekolah mahal, jadi lebih  baik saya membantu keuangan keluarga...”. Mereka semua harus rela membantu orang tua mencari nafkah dengan keahlian apa adanya. Sampai akhirnya mereka semua harus mengemis di trotoar, di pinggiran jalan, di perempatan saat lampu merah, di akuntan umum lebih mengkhwatirkan lagi adalah mereka belajar mencopet karena sadar mereka tidak mempunyai keahlian apa – apa.
          Apakah ini harus terjadi setiap hari ? akan berapa banyak lagi calon anak – anak indonesia yang terpuruk akibat pendidikan. Oleh sebab itu perlu penyuluhan kepada orang tua untuk menyakinkan pendidikan dasar 9 tahun ini sangat penting tidak perlu takut dengan biaya karena sebenrnya pemerintah sudah membantu dengan program BOS jangan biarkan dana BOS ini masuk ke kantong orang – orang berdasi yang tidak bertanggung jawab. Akibat dana banyak yang tersisa karena tidak terpakai. Sadarlah pendidikan adalah bekal penting untuk menghadapi masa depan dan untuk pemerintah dalam penyuluhan program BOS, harus lebih di tingkatkan lagi serta pendistribusiannya harus di pantau dengan extra. Jangan sampai dana BOS yang sangat bermanfaat ini disalah gunakan oleh tangan – tangan yang tidak bertanggung jawab. Serta berikan sanksi keras apa bila ada aparat yang berlaku tidak bertanggung jawab dalam mengelola dana BOS ini. Demi para pejuang indonesia kelak yang lebih berprestasi bukan? Dan para orang tua masihkah pendidikan mahal , di tengah – tengah adanya bantuan program pemeritah BOS ?

No comments:

Post a Comment