Sunday, October 30, 2011

Mengembangkan Kreativitas Anak dengan Menulis


Mengembangkan Kreativitas Anak dengan Menulis
Mengembangkan kretivitas anak bisa dalam segala hal, namun mengapa tidak mencoba dengan sebuah tulisan?? Sebelumnya kita cermati terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Kreativitas.
kreativitas adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau anggitan (concept) baru, atau hubungan baru antara gagasan dan anggitan yang sudah ada (http://id.wikipedia.org/wiki/Daya_cipta). Lalu apa yang dimaksud dengan menulis. Menulis menurut Henry Guntur Tarigan ( 1986:15) menyatakan bahwa menulis dapat diartikan sebagai kegiatan menuangkan ide tau gagasan dengan menggunakan bahasa tulis sebagai media penyampainnya  (http://duniabaca.com/pengertian-menulis-menurut-para-ahli.html).
Anak-anak cenderung ingin lebih tahu dalam segala hal, apa bila kita mengajarkan mereka mengenai menulis semenjak dini maka dengan secara langsung ini dapat mengembangkan kreativitas anak, betapa tidak sesuai dengan pengertian kretivitas itu sendiri kreativitas melibatkan pemunculan gagasan baru, ataupun yang sudah ada. Anak dari usia dini yang telah terbiasa menulis maka anak terbiasa dalam menulis hingga dewasa kelak, sehingga memberikan dampak yang positif untuk perkembangan anak sendiri.
Dalam menulis anak-anak akan terbiasa berpikir memikirkan hal-hal yang baru misalnya apabila anak tersebut ingin menulis sebuah cerpen maka anak tersebut dituntut untuk dapat mengembangkan proses penalaran mereka atau proses berpikir mereka bagaimana cerpen itu akan bermula seperti apa cerita tersebut, siapa yang akan memerankannya, dimana tempat cerita itu, apa tema cerita tersebut ataupun judul cerita itu sehingga  mempunyai jalan cerita hingga akhirnya semua membutuhkan proses berpikir yang harus dijabarkan secara runtut dan menghasilkan sebuah Tulisan yang memebrikan cerita pendek novel atau apapun baik itu bersifat formal, humor atau pun nasihat semua ini akan melatih anak-anak untuk bersikap kreativ dan mengembangkan pola pikir mereka ang sangat untuk perkembangannya.
Banyak cara yang dapat dilakukan agar kretivitas anak terus dapat berkembang dan salah satunya adalah dengan membiaskan menulis. Anak-anak bisa diperkenalkan dengan tulisan bermula dari yang sederhana dan setelah dewasa anak yang sudah terbiasa ini bisa membuat tulisan-tulisan yang bermanfaat. Dengan anak mempunyai kreativitas dalam menulis ini menjadi bukti bahwa anak tersebut mempunyai kretivitas yang sangat baik. Jadi tidak ada salahnya apabila anak-anak diajarkan menulis sejak dini guna meningkatkan kreativitas perkembangan anak, karena anak adalah penerus bangsa, penerus bangsa Indonesia kita tercinta.  

No comments:

Post a Comment